Rabu, 10 Juni 2015

ABU HURAIRAH SI BAPAK KUCING KECIL

Siapa yang tak kenal Abu Hurairah. Periwayat hadis yang sangat terkenal itu, ternyata memiliki sejarah yang lekat dengan kucing.

ABU HURAIRAH SI BAPAK KUCING KECIL


Sebelum masuk islam, beliau bernama Abdu Syams (Hamba Matahari). Setelah masuk islam, namanya dirubah menjadi Abdur Rahman (Hamba Dzat yang Maha Pengasih) ada pula yang menyatakan Abdullah. Nama pengganti dan nama yang di ganti itu ternyata sama-sama tidak populer. Beliau justru lebih dikenal dengan nama Abu Hurairah.

Ada beberapa versi tentang riwayat ini. Dalam satu riwayat, ia pernah kepergok Rosulullahsedang membawa seekor kucing di lengan bajunya.

“Apa itu?” tanya Rosulullah kepadanya.

“Kucing ” Jawabnya.

Mendengar jawaban itu, Rosulullah Langsung Bersabda, “Wahai Bapak kucing (Abu Hurairah).” Semenjak itu, ia dikenal dengan sebutan Abu Hurairah.

Riwayat lain menyebutkan bahwa gelar “Abu Hurairah” itu didapat karena kedekatannya dengan kucing. Konon Abu Hurairah menjadi pengembala kambing milik keluarganya. Ia punya seekor kucing kecil. “kalau malam aku letakkan kucing itu di sebuah pohon. Kalau siang aku bawa dia bermain bersamaku. Akhirnya mereka memanggilku Abu Hurairah,” Demikian cerita Abu Hurairah dalam satu riwayat. Menurut ini, berarti nama Abu Hurairah sudah beliau dapatkan sebelum masuk islam.

Diambil dari kitab: Subulul-Huda war-Rasyad XI/367; Usudul-Ghabah, III/258

Semoga Bermanfaat. Silahkan diShare, Like, Atau Komentar

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger