Senin, 29 Juni 2015

SIAPA LEBIH UTAMA ABU BAKAR ATAU ALI ?

SIAPA LEBIH UTAMA ABU BAKAR ATAU ALI
Abul Faraj Jamaluddin Abdurrahman bin Abil Hasan Ali Ibnul Jauzi (509/510-597 H) merupakan Ulama’ besar yang kapasitas keilmuannya tidak perlu diragukan. Beliau juga termasuk penulis yang produktif. Karya-karya beliau meliputi berbagai disiplin keilmuan, diantaranya Zabud-Masir fi ‘Ilmit-Tafsir, al-Maudhu’at, serta al-Muntazham fi Tarikhil-Umam.

Tentu saja beliau sangat cerdas, berotak brilian dan kritis. Beliau mampu memecahkan persoalan rumit dalam sekejap, tanpa berpikir panjang. Hal itu dibuktikan suatu hari di baghdad, ketika golongan Ahlussunnah (Sunni) bertikai mengenai siapa yang lebih utama Antara Sayidina Abu Bakar ash-Shiddiq dan Sayidina Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhuma. karena persoalan itu semakin berlarut-larut, mereka sepakat untuk menyerahkan semua urusannya kepada Ibnul Jauzi. Kepada mereka, Ibnul Jauzi hanya menjawab :

أفضلهما من كانت ابنتهماتحته

Ucapan itu membuat dua kubu yang bertikai puas. Kalangan Sunni mengartikan ucapan Ibnul Jauzi dengan, “yang paling utama adalah putrinya dibawah (diperistri) Rasulullah SAW.” Sementara kubu Syiah mengartikan ucapan Ibnul Jauzi tersebut dengan, “yang paling utama adalah yang membawahi (menikah dengan) putri Rasulullah.”

Diambil dari kitab : Wafayatul-A’yan fi Anba’i Abna’iz-Zaman, III/141

Semoga Bermanfaat. Silahkan diShare, Like, Atau Komentar

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger