Jumat, 12 Juni 2015

BERBAGI ROTI DENGAN ANJING

Suatu waktu, Sayidina Hasan bin Ali, cucu Rosulullah SAW, melintasi sebuah perkebunan. Dikebun itu, beliau melihat seorang budak berkulit hitam yang sedang beristirahat bekerja dan makan roti. Didekatnya ada seekor anjing. Ia memakan sepotong roti kemudian memberikan sepotong rotinya lagi kepada anjing tersebut.

BERBAGI ROTI DENGAN ANJING

Tertarik dengan apa yang dilakukan budak hitam ini, Sayidina Hasan menghampirinya. “apa yang mendorong engkau melakukan hal ini?” tanya Sayidina Hasan. “Tuan, aku Cuma merasa malu kalau aku makan tapi tidal memberinya mekan,” jawabnya kepada Sayidina Hasan. “Oh, kalau begitu engkau tunggu di sini. Jangan pergi sebelum aku kembali,” pesan Sayidina Hasan setelah mendengar penjelasan budak tersebut.

Sayidina Hasan bergegas menemui majikan budak itu. Beliau membelinya, juga membeli kebun yang ditempati budak itu.

Setelah itu beliau mendatangi budak itu dan memerdekakannya. Beliau juga memberikan kebun itu kepadanya. Menerima jasa baik sayidina hasan ini. Budak tersebut justru bilang “Tuan, aku berikan kebun ini kepada Dzat yang mana engkau memberikan aku kepada-Nya.” Ia pun mensedekahkan kebun itu.

Diambil dari kitab: Simthun-Nujum al-‘Awaali, II/38.

Semoga Bermanfaat. Silahkan diShare, Like, Atau Komentar

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger