Kamis, 26 Maret 2015

Keluhan Wanita Miskin Kepada Amirul Mukminin Umar bin Khaththab


Alkisah, seorang wanita meiskin mencoba untuk mendekati sebuah pohon sambil menyelidiki siapa saja yang sedang berteduh di bawah pohon tersebut. Tetapi sebenarnya, wanita iyu ingin memilih salah seorang diantara orang yang sedang berteduh untuk membantunya menyelesaikan urusannya. Setelah wanita itu mendapatkan orang yang menurutnya tepat untuk membantunya maka ia segera menghampiri lelaki yang dituju tersebut, seraya berkata, “aku adalah seorang wanita miskin yang memiliki anak cukup banyak. Kemudian Amirul Mukminin Umar bin Khaththab pernah mengutus seseorang , Muhammad bin Maslamah namanya, untuk membawa zakat yang hendak diberikan padaku, tetapi sampai sekarang Muhammad bin Maslamah belum juga memberikan uang zakat itu kepadaku. Nah sekarang, aku meminta tolong kepadamu untuk menanyakan kepada Muhammad tentang Uang  Zakatku, mungkin ia mau memberikan hakku itu.”

Tetapi apa selanjutnya?” wanita itu dikejutkan dengan reaksi orang yang sedang memintai tolong seraya berteriak kepada pelayannya, “panggil Muhammad bin Maslamah! Suruh dia kemari sekarang juga!

Setelah mendapat reaksi yang seperti itu, wanita miskin segera menimpalinya dengan suara yang cukup keras, “apakah mungkin lelaki itu akan datang sendiri kemari? Bukankah lebih baik kamu saja yang bicara dengannya dan aku ikut bersamamu menemuinya?

Lelaki itu segera menimpali ucapan wanita miskin itu dengan santai seraya berkata, “Tenang saja, ia akan datang dan menyelesaikan urusannya dengan mu, Insya Allah.

Akhirnya, wanita itu hanya bisa duduk dan bersedih sambil menunggu datangnya Muhammad bin Maslamah ketempat pohon tempat mereka berteduh. Tak lama kemudian, Muhammad bin Maslamah datang dan menyapa lelaki yang sedang berteduh itu, “Assalamualaikum, Wahai Amirul Mukminin!” 

setelah wanita itu mendengar salam dari Muhammad kepada lelaki yang dimintai tolong  tersebut maka wanita itu sadar ternyata lelaki itu Adalah Amirul Mukminin Umar bin Khathab sendiri. Wanita itu merasa malu dan sungkan. Selanjutnya, Umar bin Khaththab berkata kepada Muhammad bin Maslamah, “Apa yang akan kamu katakan kalau Allah sampai menanyakanmu tentang masalah wanita miskin ini pada hari kiamat nanti?

Setelah itu pula mata Muhammad bin Maslamah meneteskan air mata. Lalu, Amirul Mukminin Meneruskan nasihatnya kepada Muhammad bin Maslamah tentang hak orang fakir dan orang miskin, baru kemudian Umar bin Khaththab memintanya untuk memberikan sedekah yang dititipkan kepadanya untuk wanita miskin itu. Setelah itu, Umar memberikan wanita itu minyak dan terigu, seraya berkata, “Ambillah ini! Dan sampai bertemu lagi di Khaibar nanti karena kami juga hendak menuju kesanan, Insya Allah.

Setelah menerima sedekah minyak dan terigu wanita miskin itu segera pergi lebih dulu ke Khaibar. Kemudian, ketika wanita miskin itu bertemu lagi dengan Amirul Mukminin di Khaibar maka ia diberikan minyak dan terigu untuk kedua kalinya.


Sampai di sini dulu ceritanya, oh iya, jang lupa tinggalkan komentar. Dan sebarkan sebanyak banyaknya, supaya saudara kita sesama muslim tahu tentang keadilan Umar bin Khaththab. Tunggu kisah selanjutnya. Insya Allah.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger